Sabtu, 30 Mei 2009

Pelatihan CLTS ( Community Lead Total Sanitation )


Pada tanggal 16-18 Mei 2009 diadakan pelatihan CLTS ( Community Lead Total Sanitation ) yang diselenggarakan oleh bagian P2PL khususnya Bagian Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang dalam hal ini di laksanakan oleh Bapak M. Arifin. SKM dan sebagai Narasumber adalah Bapak Rusaidi Fahmi dari Puskesmas Bamban. . Perwakilan dari Puskesmas Batang Kulur di wakili oleh Rosdiansyah (Sanitarian), Rahlian (Bidan) dan Basuki Alfiannor ( Promosi Kesehatan )
Pelatihan ini bertempat di Hotel Mutiara Barabai. Pelatihan ini dihadiri oleh semua Puskesmas se Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Petugas yang hadir ada dari tenaga sanitarian, promosi kesehatan dan bidan. Pelatihan CLTS ini sangat menarik karena mengutamakan peran utama langsung dari masyarakat untuk merubah perilaku kesehatan yang tidak baik khususnya dalam BAB ( Buang Air Besar ) sembarangan. Konsep ini berasal dari Negara Bangladesh dan sukses dilaksanakan. Sebelum ada program ini di kota mahastra Bangladesh perilaku buruk masyarakat buang air besar di sembarang tempat sangat besar. Sehingga ada dari LSM kesehatan disana yang mengembangkan konsep ini.
Pendekatan CLTS ( Community Lead Total Sanitation) adalah suatu pendekatan yang diterapkan untuk memfasilitasi masyarakat dalam memahami permasalahan dan potensi peningkatan sanitasi di komunitas nya dengan prinsip-prinsip :
1. Tanpa subsidi kepada masyarakat
2. Tidak menggurui, tidak memaksa dan tidak mempromosikan jamban buat BAB
3. Masyarakat sebagai pemimpin
4. Masyarakat terlibat secara total dalam melaksanakan analisis permasalahan dan potensi, perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan dan pemeliharaan.
Pelatihan ini berlangsung dengan lancar. Selama proses pelatihan semua peserta mengikuti dengan santai dan kadang diselingi dengan tawa karena ada beberapa peserta yang lucu.pelatihan ini banyak kegiatan simulasinya sehingga banyak improvisasi lucu dari para peserta……semoga dengan pelatihan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan diri peserta sendiri…Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails